AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Karimi

Tebuwung, Dukun, Kec. Gresik, Indonesia, Kab. Gresik, Jawa Timur


  
   +62 31 3948602
 
  

Profile

Menyibak asal mula berdirinya pondok pesantren Al karimi erat kaitannya dengan latar belakang KH Abdul Karim sebagai pendiri Pondok Pesantren Al Karimi. Beliau adalah putra dari pasangan suami istri KH Abdul Qohar bin Darus dan Sarwilah binti Mursilah asli dari Desa Drajat Paciran Lamongan yang dilahirkan pada tahun 1238 H/1822 M. Semenjak kecil Abdul Karim kecil hidup bersama ayah tirinya yang bernama Kyai Asnawi . Mula mula Abdul karim dikirim ke pondok pesantren Mbah Suto Sendang Paciran lamongan dak kemudian melanjutkan ke Pondok Pesantren Tugu Yogyakarta. Kedati ilmu yang diserap dari kedua pondok pesantren tersebut cukup banyak, bagi Abdul Karim belum merupakan perolehan yang optimal. Kehausan akan ilmu agama mencanangkan niatnya untuk memperdalamnya di kota Makkah Saudi Arabiyah.

Setelah beberapa tahun lamanya di kota makkah beliau pulang ke kota Sidayu. Si Sidayu, selain membantu megajarkan ilmu agama juga ikut berdagang kain di pasar. Semakin lama nama beliau semakin dikenal orang. Kemasyurahannya bukan hanya lantaran guru agama dan pedagang yang berhasil, melainkan dikenal juga sebagai tokoh muda ahli agama yang disegani, baik oleh penduduk maupun pemerintah belanda. Karenanya Belanda bermaksud mengangkat hakim agama di kabupaten Sidayu . mendengar kabar tersebut beliau menjadi sedih.

Pada saat yang bersamaan, Pak Utsman Kepala desa Tebuwung tengah mencari seorang ulama’ yang sanggup membina masyarakatnya serta tinggal di desanya pula. Atas kehendak Allah yang maha kuasa, pak Utsman datang menghadap ke KH Abdul Karim ia memohon kesediaan beliau untuk membina masyarakat Tebuwung dan sekitarnya yang pada waktu itu sangat rendah budi. Dengan senang hati tawaran tersebut diterimanya sesuai dengan panggilan jiwanya.

Pada tahun 1862 KH Abdul Karim meninggalkan kota Sidayu menuju Desa Tebuwung. Suasana di lingkungan batu ini jauh berbeda dengan kota Sidayu. Dimana-mana termasuk Sidayu pendidikan dan pengajaran agama islam selalu dalam tekanan dan pengawasan yang ketat dari pemerintah Belanda. Sementara itu ia lebih leluasa mengajarkan agama di desa Tebuwung.sebagai sarana mengajar para santri tahun 1864 didirikan sebuah pondok dan surau di daerah hutan bendo desa Tebuwung yang sangat sederhana. Kemudian tahun tersebut sampai sekarang sebagai tahun berdirinya Pondok Pesantren Al Karimi yang dulu dikenal dengan sebutan Pondok Bendo. Sebutan Bendo diambil dari nama pohon sejenis pinang yang konon banyak tumbuh di sekitar pondok tersebut.

Cara beliau mendidik para santri tak ubahnya seperti di pondok-pondok salaf yang lain. System weton dan sorongan merupakan tradisi ilmiyah pesantren. Pada mulanya santri yang mengajipun hanya terbatas dari desa Tebuwung saja. Lambat laun santri yang berdatangan dari luar daerah semakin banyak . ini semua berkat ketekunan, keikhlasan mengabdi dan kesederhanaan hidup yang diteladankan kepada para santri dan masyarakat sekitarnya.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Upaya Pondok Pesantren Al Karimi untuk menjandikan desa Tebuwung sebagai pusat pendidikan dasar dan menengah baik agama maupun umum, tidak berhenti sampai disini. Dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di desa Tebuwung dan sekitarnya, para pemangku Pondok Pesantren Al karimi selalu merengkuh isyarat zaman. Beberapa unit pendidikan yang telah ada dirasa masih kurang lengkap. Maka atas prakarsa para alumni dengan diketuai Bapak H. Nur Fatah Syafi’I, SH pada tahun 1986 berdiri lagi satu jenjang pendidikan umum tingkat menengah atas (SMA)

Dengan demikian, Pondok Pesantren Al Karimi memilki unit-unit pendidikan sebagai berikut :

1. Pondok Pesantren Al Karimi

2. RA Al Karimi

3. MI Al Karimi

4. MTs Al Karimi

5. MA Al Karimi

6. SMP Al Karimi

7. SMA Al Karimi

Seluruh unit pendidikan di atas diberi nama Al Karimi hal ini dimaksudkan agar semua pecinta Al Karimi selalu mengenang jasa –jasa KH. Abdul Karim sebagai pendiri Pondok Pesantren Al karimi. Peranan Pondok Pesantren Al Karimi dalam mayarakat tidak hanya pada bidang pendidikan saja tapi juga aktif dibidang pelayanan arus penerangan dan informasi pembangunan, untuk itu pada tanggal 29 Oktober 1987 pusat informasi Pondok Pesantren (PIP) Al Karimi diresmikan oleh Kakan Departemen Penerangan kabupaten GresikBapak Moh. Mashodi, BBA. Yang disertai penyerahan perlengkapan informasi dari kantor depatemen penerangan dan BKKBN kabupaten Gresik. Berupa peswat Televisi dan Rublik adres ( PA).

Pondok pesantren Al Karimi adalah sebagai lembaga pendidikan maka untuk mendapatkan kekuatan hukum pada tahun 1986 terbentuklah sebuah yayasan Al Karimi, dengan akte notaries : Ny. Nur Laily Adam S.H nomor 5 tahun1986.

Ekstrakurikuler

  1. Pramuka Ambalan KH. Abdul Karim dan Nyai Syarifah
  2. Muhadloroh
  3. KIR
  4. Jurnalistik “ MAXIST”
  5. Footsal
  6. Bola Voli
  7. Musik “
  8. Rebana Albanjari
  9. Qosidah Modern
  10. PMR “ MALKIS”
  11. Seni Qiro’ah
  12. Otomotif
  13. Teater “ OBOR “

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi