AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Lembaga Tinggi Pesantren Luhur

Jl. Raya Sumbersari no. 88, 65145, Kota Malang, Jawa Timur


  KH. Achmad Mudlor
  (0341) 567 520
 
   www.pesantrenluhur.com

Profile

Lembaga Tinggi Pesantren Luhur berada di jalan raya Sumbersari 88 Malag yang yang berada di tepi jalan raya yang kondisinya ramai. Hal tersebut mendukung aktivitas santri yang merupakan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas yang berada di Malang yang meliputi :

1. Universitas Brawijaya
2. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
3. Universitas Negeri Malang (UM)
4. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH)
5. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
6. Universitas Muhammadiah Malang (UMM)
7. Universitas Islam Malang (UNISMA)
8. Universitas Merdeka Malang (UNMER)
9. Universitas Widya Gamma Malang, Dll

Keragaman tersebut meningkatkan Solidaritas dan triple Co. (Coownership, Codetermination, dan Coresponbility) yang merupakaan semboyan santri yang sering didengungkan oleh pengasuh LTPLM.

Secara fisik Pesantren Luhur Malang terdiri atas empat lantai , yang terdapat dua menara kembar di atasnya. Komplek putri menempati 4 lantai yang terbagi kedalam beberapa blok (blok mbak Daris, A,B,C,D,E,F, dan G). Sedangkan untuk kelompok putra menempati 4 lantai yang terbagi kedalam 5 blok (Lantai Gua Hiro, lantai 1,lantai 2, lantai 3, dan lantai 4). Pesantren Luhur Malang memiliki Masjid sebagai tempat berbagai aktivitas, seperti sholat, berjama’ah, pengajian, maupun musyawarah serta dilengkapi dengan dua aula yang berbeda di lantai dua (bersebelah dengan masjid) dan di lantai tiga (di antara kompleks putri dan kompleks putra).

Jumlah santri yang mendiami Pesantren Luhur dengan sampai bulan Januari tahun 2010 berjumlah 234 orang. Pada santri putri berjumlah 129 dan sedangkan pada santri putra sejumlah 105. Jumlah santriputri lebih mendominasi dari tahun ke tahun. Dengan demikian pembangunan dan renovasi agar Pesantren Luhur dapat berkembang menjadi lebih baik. Setiap kompleks di kompleks putri, memiliki kamar mandi dan sedangkan untuk kamar mandi putra tersedia di lantai yang paling dasar yakni lantai 1. Untuk kamar mandi di luhur mempunyai kamar mandi sebanyak 13 kamar mandi yang terdapat di kompleks-kompleks santri putri sebanyak 13 kamar mandi yang disediakan, sedangkan untuk santri putra tersedia 8 kamar mandi yang disediakan.

Lembaga Tinggi Pesantren Luhur adalah Pesantren Salafiah yang mengkaji jitab-kitab salaf. Kegiatan pengajian yang terdapat di Pesantren Luhur malang dilaksanakan dari hari senin sampai hari Jum’at. Pengajian kitab setiap ba’da ashar dan ba’ada isya’. Pengajian kitab kuning dilaksanakan di Pesantren Luhur Malang dikaji oleh pengasuh dan dewan azatidz. Dewan azatidz adalah yang membimbing di Pesantren Luhur Malang diantaranya : Drs. KH. Mukhtar Bisri, M.Ag, Drs. KH. Chamzawi, M.Hi, Drs. KH. Badruddin, M.Hi, KH. Misbahul Munir, KH. Kholili, Drs. KH. Badrul Munir, Drs. KH. Noer Yasin, M.Hi, Drs. KH. Suwandi, M.H, dan Drs. KH. Muhammad Ma’sum Zain, M.Ag

Program Unggulan :

Pesantren Luhur adalah Pesantren yang sangat unik dan berbeda dengan Pesantren lainnya. Hal yang membedakan Pesantren Luhur dengan Pesantren lainnya adalah adanya kegiatan Halaqoh yang dilaksanakan pada setiap pagi selesai sholat subuh dan istighosah dari hari senin sampai hari sabtu. Kegiatan halaqoh inilah yang membuat santri LTPLM tidak hanya belajar agama, akan tetapi juga ilmu umum, sehingga ilmu yang dipelajari seimbang. Melalui halaqoh inilah santri menimba ilmu yang tidak dipelajari di bangku kuliah. Santri Pesantren Luhur Malang memilki keawajiban untuk mengikuti kegiatan pengajian, sholat berjam’ah, istighosah, dan halaqoh yang di adakan setia senin sampai sabtu.

Pengasuh : KH. Achmad Mudlor

Info Unggulan

Pelatihan Entepreneur
Pelatihan Entepreneur Santri dengan narasumber pengurus HIPSI

Jenjang Pendidikan

Pesantren Luhur mempunyai beberapa program. 

Pendidikan Nonformal :

1. Pengajian kitab kuning
rutin dilaksanakan setiap sore dan malam. 

2. Program Halaqoh
dilaksankan setiap pagi setelah sholat subuh.

3. Divisi Tahfidz
Divisi Tahfidz adalah Divisi di Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh yang mewadahi santriwan santriwati luhur untuk bisa meneruskan hafalannya (bagi yang sebelumnya pernah menghafal Al-Qur’an) atau bagi santriwan santriwati yang berniat ingin memulai menghafal Al-Qur’an dari awal.

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler :

1. Divisi QITA (Qiro’ah dan Tartil)
DIVISI QITA (Qiro’ah dan Tartil) yang merupakan divisi di Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh yang di dalamnya terdapat latihan bersama, belajar bersama tentang tata cara membaca al-qur’an yang baik dan benar, belajaar seni membaca al-qur’an, di dalam QITA juga dipelajari terkait tajwid, ghoroibul qur’an dan lain sebagainya yang terkait dengan al-qur’an.
Materi yang disampaikan adalah tentang tartil dan tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Durasi kegiatan QITA putra adalah antara 30 menit s/d 60 menit. Pengajar mengawali dengan membaca beberapa ayat yang kemudian diikuti oleh peserta didik, lalu kemudian peserta didik membaca per ayat secara urut dan diikuti pula oleh peserta didik yang lainnya. Disini, pengajar akan mengoreksi bacaan per-peserta didik, mana bacaan yang dianggap salah (kurang benar) tata tajwidnya. Begitu pula untuk peserta didik selanjutnya yang membaca, pengajar akan mencatat kesalahan-kesalahan bacaan ayat yang dibaca peserta didik untuk kemudian akan dikoreksi lagi pada pertemuan selanjutnya. Selain itu, di QITA juga ada kegiatan belajar bersama terkait seni baca Al-Qur’an (Qiro’ah)

2. Divisi Tahfidz
Divisi Tahfidz adalah Divisi di Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh yang mewadahi santriwan santriwati luhur untuk bisa meneruskan hafalannya (bagi yang sebelumnya pernah menghafal Al-Qur’an) atau bagi santriwan santriwati yang berniat ingin memulai menghafal Al-Qur’an dari awal.
Menyorot kegiatan di tahfidz, bahwasannya di tahfidz ini menerapkan sistem “One Day One Ayat”, yang artinya anggota tahfidz diharuskan menghafal Al-Qur’an untuk 1 hari seminimal – minimalnya minimal 1 ayat.
Di tahfidz putra, anggota tahfidz memulai hafalan mereka dari juz 30, sementara di tahfidz putri dimulai dari juz 1.
Pada kegiatan “One Day One Ayat” ini dilaksanakan tiap selesai pengajian malam bertempat di masjid untuk putra dan di aula lantai 2 untuk santri putri, yang diawali dengan do’a bersama.
Adapun sistemnya di putra adalah 1 orang disimak oleh 1 orang, boleh bergantian atau ke teman yang lain. Sedangkan di putri, terdiri dari beberapa pendamping yang menyimak para hafidzoh.

3. Divisi Kaligrafi
Dalam bidang kaligrafi ini, peserta dibimbing tentang seni menulis indah bahasa arab. Disini peserta diajari dari awal (0) hingga sampai ke tingkat yang paling rumit. Dalam kegiatan kaligrafi ini, pembimbing kaligrafi biasa menyiapkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan dalam seni kaligrafi, seperti : andam, tinta, kertas dan lain sebagainya. Ini untuk mempermudah para peserta dan para peminat seni kaligrafi dalam belajar penulisan khat yang ada di dalamnya.
Kegiatan ini biasa diadakan setiap selasa malam rabu setelah pengajian malam bertempat di aula lantai II atau di ruang tamu. Dalam realitasnya, kegiatan seni kaligrafi ini terbilang enjoy karena peserta bebas berkreasi, peserta juga dibimbing khusus bagaimana cara memegang andam dan lain sebagainya. Salah satu kreasi dari anggota seni kaligrafi ini bisa dilihat di aula lantai II yang disitu terdapat sebuah pigora kaligrafi bertuliskan sholawat irfan.

4. Luhur Jurnalistik

5. Sholawat Al-banjari

6. Sholawat Qosidah

7. Forkafi (Forum Kajian Fiqih)

8. Luhur Santri Futsal Competition

Fasilitas

Secara fisik Pesantren Luhur Malang terdiri atas empat lantai , yang terdapat dua menara kembar di atasnya. Komplek putri menempati 4 lantai yang terbagi kedalam beberapa blok (blok mbak Daris, A,B,C,D,E,F, dan G). Sedangkan untuk kelompok putra menempati 4 lantai yang terbagi kedalam 5 blok (Lantai Gua Hiro, lantai 1,lantai 2, lantai 3, dan lantai 4). Pesantren Luhur Malang memiliki Masjid sebagai tempat berbagai aktivitas, seperti sholat, berjama’ah, pengajian, maupun musyawarah serta dilengkapi dengan dua aula yang berbeda di lantai dua (bersebelah dengan masjid) dan di lantai tiga (di antara kompleks putri dan kompleks putra).

Setiap kompleks di kompleks putri, memiliki kamar mandi dan sedangkan untuk kamar mandi putra tersedia di lantai yang paling dasar yakni lantai 1. Untuk kamar mandi di luhur mempunyai kamar mandi sebanyak 13 kamar mandi yang terdapat di kompleks-kompleks santri putri sebanyak 13 kamar mandi yang disediakan, sedangkan untuk santri putra tersedia 8 kamar mandi yang disediakan.

Pesantren Luhur Malang juga dilengkapi dengan koperasi, warnet yang bernama Luhur Net, kantin, warung bakso, depo pengisian air minum, aneka buah-buahan “jus berlian”, dan konter pulsa berjalan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi