AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes An-Nur H.A.

Jl. Argopuro No. 47 Rambigundam Ds. Rambigundam Kec. Rambipuji, 68152, Kab. Jember, Jawa Timur


   K. Rohmatullah Ali
  081210041688 - 085777774168
 
  

Profile

Pesantren An Nur H.A adalah sebuah pondok pesantren yang memiliki titik kulminasi kenasaban dari pondok Annuriyah Kaliwining Rambipuji yang dahulu kala disepuhi oleh KH.Sholeh Syakir dan Pondok Pesantren ANNUR di Malang yang dikenal sebagai Pondok Pesantren pertama yang didirikan langsung oleh KH. Anwar Annur.

Pondok Pesantren ini berdiri sekitar tahun 2002 yang didirikan oleh K. Rohmatulloh Ali di sebuah pekarangan tanah seluas 1 hektar di desa rambigundam kecamatan Rambipuji kabupaten Jember, sebuah kota tapal kuda yang lebih terkenal dengan basis kepesantrenan.

Namun dengan sebutan sebuah kota tapal kuda yang berbasis kepesantrenan, rasanya dalam pesantren sekarang berbeda dengan pesantren sebelumnya ini baik dari tipe pengajaran pesantren, tipepersonil pesantren, tipe lokal pesantren dan mungkin dari sisi mentalitas pesantren.

Perkembangan jaman saat ini sangat berpengaruh besar terhadap perubahan sosial budaya keagamaan masyarakat, bahkan terkait dengan politik keagamaan Indonesia pula bisa merubah drastic corak pesantren yang dahulu kala telah dibuat oleh sesepuh ulama salafunas sholih.Namun perkembangan jaman ini tidaklah menjadi sebuah acuan atau tumpuan penyalahan terhadap perubahan masyarakat itu sendiri. Karena prinsip Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan social dari sebuah masyarakat dengan tetap mengacu tuntutan nilai-nilai islam adalah sebuah keharusan.

Pondok Pesantren An-Nur H.A yang saat ini di bawah naungan Yayasan, mengembangkan beberapa unit pendidikan formal dan nonformal, yaitu: SMP Islam An-Nur, Madrasah Aliyah An-Nur, Madrasah Diniyyah An-Nur, dan Ma'had ‘Aly. Keberadaan unit-unit pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat memberikan arti tersendiri, yaitu sebagai manifestasi nilai-nilai pengabdian dan perhatian kepada masyarakat. Dan dalam bentuk informal pesantren juga mengadakan jamiyah waqiah, pengajian rutinan muslimat, jamiyah sholawat dan lumbung zakat al-ikhlas. Kepercayaan dan perhatian masyarakat luas terhadap keberadaan pesantren An-Nur adalah dasar kemajuan dan perkembangan pesantren di masa depan, dengan tetap mengembangkan visi dan misi pendidikan yang mandiri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

            Oleh karena itu perkembangan zaman atau perubahan zaman ini menjadi sebuah modal bagi Pondok Pesantren An Nur H.A untuk tetap menjaga prinsip “lama” menghadapi “kekinian” sebagaimana yang selama ini dilaksanakan oleh pengsuh Pondok AN NUR H.A .

Program Unggulan :

1.     Muhadloroh 4 Bahasa (Inggris, Arab, Indonesia, dan Jawa)
2.     Kajian Aswaja
3.     Bimbingan Belajar
4.     Sorogan kitab kuning
5.     Seni baca Al-Quran dan hafidz 30 juz
6.     Terbang Albanjary 

Pengasuh : K. Rohmatullah Ali (Gus Rohmat)

Pendiri :  K. Rohmatullah Ali (Gus Rohmat)

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pondok An-Nur H.A adalah pondok yang memadukan antara pendidikan formal dan non formal. Lembaga pendidikan yang ada seperti Smp Islam, MA An-Nur, Madrasah Diniyah dan program seni membaca Al-Quran. Masih tetap seperti dulu, pesantren tetap mengutamakan metode sorogan dan musyawarah.

Jumlah Santri Putra : 128

Jumlah Santri Putri : 119

Pendidikan Formal :

1. SMPI An-Nur
sekolah yang sangat mengedepankan akhlak para murid-muridnya. Karena memang sekolah ini masih berada dibawah lingkungan yayasan pondok pesantren dan secara langsung diawasi oleh pengasuh pondok An-Nur H.A. Tak heran jika SMPI An-Nur telah menorehkan banyak prestasi.

2. MA An-Nur
tidak berbeda jauh dengan SMPI An-Nur, MA An-Nur juga masih berada dibawah naungan yayasan pondok pesantren, yang lebih mengutamakan akhlaqul karimahnya.

Pendidikan Informal :

1. MDA ( Madrasah Diniyah An-Nur)
metode pengajaran dalam MDA adalah dengan sistem sorogan dan musyawaroh tiap-tiap kelas. Sehingga lulusan MDA ini dijamin mahir dalam membaca kitab dan musyawaroh.

Pendidikan Nonformal :

1. MMQ ( Madrasah Murottil Qur'an )
sistem pengajaran MMQ adalah langsung dengan gurunya. Sehingga hasilnya, para santri bisa menguasai metode atau seni membaca Al-Quran dengan baik seperti gurunya.

2. jamiyah khitobah An-Nur
program ini secara rutin tiap minggu mengadakan latihan guna mempersiapkan kader-kader ulama yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dan tiap tiga enam bulan sekali, diadakan lomba khitobah untuk lebih mematangkan bakat yang dimiliki para santri.

3. sorogan
program ini hampir setiap hari berjalan, para ustad pondok kami tidak pernah merasa lelah ataupun bosan untuk mengajarkan ilmunya kepada para santri. Oleh karena itu, hampir seluruh santri pondok An-Nur H.A bisa membaca kitab kosongan.

Program :

1. pengabdian santri
program ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Program ini dibuat langsung oleh pengasuh pondok pesantren karena mengingat banyak sekali permintaan guru pengajar dari pondok-pondok sekitar. Oleh karena itu pengasuh membuat program pengabdian santri agar para alumni bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi