AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Tahfizh Qur'an Yatim Nurani Insani

Jalan Wates KM 8, Sumber Gamol RT 04 RW 14 No 67 Balecatur, Gamping, 5295, Kab. Sleman, DI. Yogyakarta


  Pengasuh : Ustadz Sigit Yulianta, ST., MSI
  0813292603915/0817279053
  pp.nuraniinsani@gmail.com
   nuraninsani.wordpress.com

Profil

Pesantren Nurani Insani adalah pesantren yang telah berdiri sejak tahun 2010 sampai saat ini. Diasuh oleh Pimpinan Pengurus Pesantren Ustadz Sigit Yulianta, ST., MSI.

Sampai saat ini pesantren sudah memiliki santri putra dan santri putri dengan jumlah 135 santri.

Pesantren yang masih dalam proses pengembangan dan perbaikan fisik maupun non-fisik. Sehingga masih membutuhkan bantuan dana dan SDM untuk membangun Pesantren Nurani Insani yang lebih maju dan mampu bersaing dengan pesantren lain.

Sejarah Berdiri :

Berdirinya Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani Insani ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan terhadap realitas anak-anak yatim dan dhu’afa yang kurang mendapatkan perhatian yang memadai untuk proses tumbuh kembang mereka secara baik, khususnya dalam memahami dan melaksanakan petunjuk agama (Islam) yang sumber utamanya adalah al-Qur’an sebagai bekal mereka menghadapi kehidupan yang seringkali tidak kenal kompromi. Di satu sisi, Islam telah mencanangkan misi kehidupan yang sangat mulia dan didam-idamkan semua manusia yakni menjadi rahmatan lil’aalamin (rahmat bagi seluruh alam). Di sisi lain, ada sebagian dari komunitas manusia yang seolah tidak merasakan kerahmatan Islam karena sebagian umat Islam yang memiliki kelebihan baik berupa harta, ilmu, kesempatan, maupun potensi lainnya kurang memiliki kepedulian untuk berbagi kasih sayang. Diantara komunitas yang kurang mendapatkan perhatian tersebut adalah anak-anak yatim dan kaum dhu’afa.

Banyaknya pendirian masjid, musholla dan Islamic Center, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, menjamurnya majelis-majelis taklim dan forum-forum kajian keagamaan, meski tidak dapat dipungkiri manfaatnya dalam membangun kesadaran dan kepedulian terhadap sesama (termasuk kepada anak-anak yatim dan kalangan dhu’afa), akan tetapi upaya nyata mewujudkan sistem pendidikan dan pembinaan yang bersumber langsung kepada al-Qur’an sehingga secara efektif membentuk anak-anak yatim dan kalangan dhu’afa itu menjadi generasi muslim yang memiliki iman yang kuat, ibadah yang tekun, akhlaq yang mulia, berilmu dan berwawasan luas, mandiri, mampu menata kehidupannya secara baik, dan bermanfaat bagi orang lain, tampaknya belum dilakukan secara optimal.

Agar keprihatinan di atas membuahkan hasil maka perlu segera didirikan sebuah tempat/lembaga pendidikan dan pembinaan al-Qur’an bagi anak-anak yatim dan kalangan dhu’afa yang lebih serius dan profesional. Dengan demikian, diharapkan akan tumbuh generasi muslim dari kalangan anak-anak yatim dan dhu’afa tersebut yang unggul sehingga mampu menjadi solusi bagi permasalahan umat. Oleh karena itu Lembaga Swadaya Muslim Nurani Insani Yogyakarta (LSMNI) mendirikan pesantren yang berbasis utama kepada al-Qur’an yang diberi nama “Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani Insani”.

Tujuan Pendirian :

Pendirian Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani Insani Yogyakarta mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari pendirian pesantren ini adalah membekali santri dengan pengetahuan dasar tentang Diinul Islam (agama Islam) dan pendidikan al-Qur’an. Sedangkan tujuan khususnya adalah membentuk kepribadian santri yang :

1. Mempunyai aqidah yang lurus
2. Melaksanakan ibadah secara benar
3. Memiliki akhlaq yang mulia
4. Mampu hidup mandiri

Program Unggulan :
Beasiswa Tahfizh dan Sekolah umum selama 6 tahun tanpa dipungut biaya.
Pengasuh : Ustadz Sigit Yulianta, ST., MSI

Info Unggulan

Progam Unggulan Pesantren Nurani Insani adalah Tahfizh Al-Qur'an.
Progam kerjamasa pesantren dengan sekolah umum di sekitar lingkungan pesantren.

Jenjang Pendidikan

Proses pendikikan yang diterapkan di pondok pesantren adalah setoran hafalan ba'da subuh dan isya, madrasah diniyah dan belajar bersama pada malam hari.

Sistem pendidikan dan pembinaan yang dikembangkan di Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani Insani adalah sistem yang memadukan semua sistem pendidikan dan pembinaan yang dianggap layak untuk mencapai tujuan. Orisinil dalam pemikiran, modern dalam sisi metodologis dan dinamis-kreatif dalam hal yang bersifat aplikatif.

Pendidikan Informal :

1. Madrasah Diniyah Nurani Insani

Pendidikan Nonformal :

1. Tahfizh Qur'an

2. Pembelajara baca Al Qur'an
- Pengajian Umum Rutin  Tiap Hari Ahad Minggu I Jam 09.00
- Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an gratis di Pesantren Tahfizh Qur'an Yatim NURANI INSANI ibu-ibu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 15.30 s.d. 17.00
- Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an gratis di Pesantren Tahfizh Qur'an Yatim NURANI INSANI bapak-bapak setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 08.00 s.d. 11.00 dan setiap malam pukul 21.00 s.d. selesai
- Untuk ibu-ibu kalau ada permintaan waktu khusus bisa menghubungi Pesantren Tahfizh Qur'an Yatim NURANI INSANI
- Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an telah dimulai hari Senin tanggal 3 Desember 2012
- Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an gratis di Pesantren Masyarakat Nurani Insani d.a. Kampung Tahunan UH III Rw 01 Yogyakarta (Timur makam pahlawan kusumanegara) untuk bapak-bapak dan pemuda setiap hari selasa malam rabu dan jumat malam sabtu pukul 20.000 s.d. 22.00

Program dan Lembaga :

1. Panti Asuhan 
Sumbangkan Sedekah terbaik anda untuk mereka, Melalui :
- Bank Muamalat nomor rekening 5350001617 a.n Sigit Yulianta cq Nurani Insani
- Bank Syari'ah Mandiri nomor rekening 7016877381 a.n Sardiyono BDN Nurani Insani
- Bank BNI Syari'ah nomor rekening 92144773 a.n Ali Mahmudi QQ LSM Nurani Insani
- Atau datang langsung ke Kantor kami yang beralamat di Jalan Wates KM 8, Sumber Gamol RT 04 RW 14 No 67 Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta 

Target Pendidikan dan Pembinaan

1. Terkuasainya ilmu-ilmu dasar keislaman sehingga memiliki pemahaman dan gambaran Islam yang benar, utuh, menyeluruh dan lengkap.

2. Terbentuknya kepribadian muslim yang utuh (kaffah, istiqomah, santun serta mandiri) sehingga mampu menjadi contoh sebagai figur teladan orang lain.

3. Kecintaan yang tinggi terhadap al-Qur’an dan ajaran Islam secara keseluruhan sehingga begitu lulus mereka siap menjadikan ajaran Islam sebagai rujukan utama dalam hidupnya.

Sasaran Pendidikan dan Pembinaan
Program pendidikan dan pembinaan di Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani Insani dikhususkan untuk anak-anak yatim dan kalangan dhu’afa dari tingkat pendidikan sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Bentuk Pendidikan dan Pembinaan
Bentuk pendidikan dan pembinaan yang digunakan di PTQY Nurani Insani meliputi : klasikal, non-klasikan dan pelatihan. Pengkaderan dilakukan dengan menggunakan tradisi pesantren dan metode baru yang dimungkinkan. Adapun tenaga pengajar terdiri dari para pakar yang disamping mampu menguasai disiplin ilmunya secara teoritis sekaligus mereka yang selama ini dikenal aktif dalam dunia pendidikan dan dakwah.

Kurikulum
Dalam menjalankan aktivitas pendidikan dan pembinaan di Pesantren dan Panti Asuhan Yatim Nurani Insani akan diterapkan kurikulum sebagai berikut :

1. Kurikulum Ta’limi
- materi keislaman : aqidah, fiqih, Qur’an, Hadits, Sirah Nabawiyah
- materi kepribadian : leadership, retorika, manajemen, dll.
- materi pendukung : bahasa Arab, bahasa Inggris

2. Kurikulum Tarbawi
- sholat tahajjud
- puasa sunnah
- tilawah al-Qur’an
- hafalan al-Qur’an dan Hadits
- rihlah dan ziarah
- out bond

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler :

1. Pidato/khitobah

2. Hadroh

3. English Speech

Prestasi :

1. Juara 3 Lomba Cerpen Ramadhan, Festifal Ramadhan Ceria UNY 2017. A.n Khariza Fauziah

2. Juara 1 Lomba Hadroh se-SMP/MTs DIY

3. Juara 1 Lomba Hadroh Gamping Gegayengan se-kecamatan Gamping

4. Juara 3 Lomba Hadroh se-DIY-JATENG

5. Dan lain-lain 

Fasilitas

1. Asrama Gratis,
2. Madrasah Diniyah,
3. Labolatorium Komputer,
4. Perpustakaan
5. Antar-jemput sekolah,
6. sepeda motor,
7. alat mandi & cuci




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi