AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Faidlul Hikmah

Dk. Ciklenteng Desa Cilibur Kec. Paguyangan Kab. Brebes, Jawa Tengah


  
  0815-6789-6277
  faidlulhikmah@gmail.com
  

Profil

Pondok pesantren Faidlul Hikmah terletak di Kabupaten Brebes bagian selatan tepatnya desa Ciklenteng – Cilibur – Paguyangan 52276, Faidlul Hikmah, adalah salah satu pesantren yang terletak jauh dari arah perkotaan, kira-kira 9 km kearah timur dari kota Bumiayu, letak geografisnya di dataran tinggi dengan dikelilingi perbukitan yang eksotis, serta hamparan sawahnya yang menghijau menjadikan lingkungan pesantren yang sejuk. Rintisan Ponpes Faidlul Hikmah ini dimulai pada tahun 1990an seiring dengan boyongnya “SANG SANTRI TULEN” dari pengembaraannya ngangsu ilmu di pesantren, santri tulen asli kelahiran ciklenteng adalah Kyai Mohammad Wajid MS. yang akrab disapa Abah.

Setelah dari masa kecil hingga dewasa ia habiskan ngalap barokah dan ilmu dari pesantren.Beliau pulang dengan kesederhanaannya. Awal mula mulai merintis pengabdian kepada masyarakat dengan menjadikan masjid Al-Hikmah di ciklenteng sebagai pusat da’wah dan mengajar ilmu Agama, dengan metode Al-Hikmah (kebijaksanaan) yaitu menyelaraskan da’wah sesuai keadaan masyarakat objek mad’u (objek da’wah), hal ini didasari dengan firman Allah SWT :“serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl : 125).

Pada waktu itu belum ada santri yang menetap karena memang belum ada tempat penginapa, santri yang belajar ilmu agama, selesai mengaji langsung pulang kerumah masing-masing sehingga di juluki Santri Kalong. Karena Santri yang datang untuk mengaji semakin banyak, maka di bangunlah sebuah pondok pesantren yang kemudian bernama “Pondok Pesantren Faidlul Hikmah” sebuah pondok pesantren kecil namun penuh dengan keberkahan.

Info Unggulan

Peran Serta pesantren Faidlul Hikmah di NU

Rintisan Pagar Nusa di Ciklenteng dimulai seiring tumbuhnya Pondok Pesantren Faidlul Hikmah Tahun 1990, karena sejak tahun 1990-an sudah ada perguruan tenaga dalam yang dikenal dengan Jam’iyah Shalawat di komplek pesantren Faidlul Hikmah, yang dibawa oleh Kiai Mohammad Wajid Ms, H.Nur Hasan, H.Abdul Muis. Setelah datangnya Gus Maksum ke Bumiayu kemudian memberikan mandat untuk menyebarkan Pagar Nusa, Jamiyah Shalawatpun bergabung dengan Pagar Nusa, Pagar Nusa ada di Ciklenteng sejak tahun 1993, dan pelatih Pagar Nusa pun untuk lebih mendalami Keilmuan silat Pagar Nusa banyak belajar kepada sahabat pesilat Pagar Nusa, bahkan Pagar Nusa Ciklenteng pernah menimba ilmu kepada beberapa Kiai Khos Pagar Nusa diantaranya, KH.Fuad Hasyim Cirebon, KH.Muhaimin Gunardo Parakan Bambu runcing, juga saat menjelang muktamar NU diselenggarakan di Lirboyo Pagar Nusa Ciklenteng silturrahim kekediaaman Gus maksum untuk menimba ilmu dari beliau, Pelatih pertama Pagar Nusa di Ciklenteng adalah Mas Nur rohman.MD.SH.

Silat Pagar Nusa inipun berkembang sangat pesat , yang datang latihan silat ke Pesantren Faidlul Hikmah bukan hanya masyarakat Ciklenteng Cilibur melainkan banyak dari luar desa dan kecamatan sekitarnya seperti dari wilayah kecamatan Sirampog,Bumiayu,Paguyangan dan lain-lain. Latihannya sendiri diadakan setiap malam jum’at . Sebelum latihan, peserta bersama-sama mengadakan tahlilan secara keliling dari satu mushola kemushola yang lainya, ini dimaksudkan agar pesilat Pagar Nusa dekat dengan masyarakat, setelah tahlil keliling barulah latihan bersama di Lapangan desa Cilibur Tri Brata. Metode latihannya dalam satu bulan, tiga kali pertemuan latihan pisik, satu kali latihan Tenaga dalam dan olah batin, dan setiap jum’at Kliwon diadakan Makesta ( masa kesetiaan Anggota ) yang dikususkan untuk ajang silaturohmi ( tidak ada latihan ) hanya diadakan gemlengan mental spiritual, dan 2 bulan sekali diadakan latih tanding antar murid. Latihan setiap malam jum’at diikuti peserta Laki-laki yang kebanyakan orang dewasa, selain itu Pagar Nusa Ciklenteng mengadakan Latihan Silat Pagar Nusa disekolahan –sekolahan sekitar Bumiayu yang banyak diikuti Anak-anak usia remaja putra dan putri. Sejak tahun 1993 pesantren Faidlul Hikmah Ciklenteng menjadi sentral kegiatan Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa untuk daerah Brebes Selatan. Pagar Nusa Ciklenteng sampai sekarang masih berjalan lancar, bahkan murid generasi keempat, sudah membentuk Koordinator Brebes Selatan.

Jenjang Pendidikan

* Pengajian weton/Sorogan Bandungan yang diikuti oleh semua santri dan penduduk sekitar.
* Pengajian baik berkala maupun mingguan untuk umum.
* Pesantren kilat/Pesantren liburan untuk menampung siswa dan yang libur.
* Pengiriman mubaligh/mubalighoh kedaerah-daerah yang membutuhkan.

# Unit pendidikan Non Formal
* Madrasah Diniyah Awaliyah
* Madrasah Diniyah Wustho
* Madrasah Diniyah ‘Ulya
*RA

Ekstrakurikuler

Unit keterampilan danekstrakurikuler meliputi:
* Pertukangan
* Mengetik
* Perikanan
* Pertanian
* Komputer
* Bahasa Arab dan Inggris
* Seni Membaca Al-qur’an
* Seni Hadroh
* Seni Bela Diri

Fasilitas

FASILITAS
Sejak berdirinya Ponpes Faidlul Hikmah sampai sekarang telah memiliki berbagai fasilitas yaitu:
1. Masjid
2. Asrama Santri Putra Dan Putri
3. Ruang Belajar
4. Perpustakaan
5. Aula (Audorium) 4 buah
6. Dapur ndeso



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi