AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Raudlatul Ulum

Guyangan Trangkil 59153, Kab. Pati, Jawa Tengah


   KH. Faruq Suyuthi
   (0295) 471701, 4199056
  ypruguyangan@gmail.com
   www.ypruguyangan.com

Profil

Pesantren Raudlatul Ulum yang berdiri megah di Desa Guyangan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah didirikan oleh Almaghfurlah KH Suyuthi Abdul Qodir pada awal 1950-an. Sejak awal berdirinya, pesantren ini terus-menerus mengalami perkembangan dinamis. <>

Dari hanya belasan santri yang mondok hingga membengkak menjadi 5426 santri pada Am Dirasiy 2014/2015. Dari hanya memiliki sarana prasarana pendidikan yang amat sederhana hingga prasarana pendidikan dan kesehatan yang cukup representatif. Rumah Sakit As-Suyuthiyyah menjadi bukti pesantren ini sangat peduli kesehatan santri dan warga sekitar.

Setelah Sang Pendiri wafat pada Selasa 4 Dzulqa’dah 1979, putra-putra kebanggaan Mbah Suyuthi pun “turun gunung” untuk mengawal Pesantren Guyangan. Sayangnya, KH Salim Suyuthi (putra kedua, wafat 2001) dan KH M Humam Suyuthi (putra kelima, wafat 2010) tidak berumur panjang.

Kiai Salim dan Kiai Humam dipanggil ke haribaan-Nya dalam usia relatif muda. Akhirnya, tersisalah KH Faruq Suyuthi yang setia mendampingi adik bungsunya, KH M Najib Suyuthi, memegang tongkat estafet kepemimpinan Pesantren Guyangan hari kini.

Menurut Kiai Najib, santri Guyangan tidak hanya diajarkan intelektual. Namun juga  menekankan pentingnya akhlakul karimah. “Santri Raudlatul Ulum harus lolos ujian munaqasyah, harus hafal juz amma, harus mencapai nilai standar. Berapa kali sepanjang belum memenuhinya, maka dia akan mengulang,” tegasnya.

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, Pesantren Guyangan mengacu pada materi-materi pelajaran berbasis kitab kuning. Selain itu, juga dilengkapi dengan kurikulum Kemenag dan Kemendikbud. Wal hasil, seluruh mata pelajaran untuk setiap jenjang bisa mencapai angka 30-an. Untuk sekolah lain tidak lebih 20 mata pelajaran.

Info Unggulan

KAMARU Mediatori Yi Najib

Kairo (16/10). Di sela-sela jadwal kunjungan Yi Najib di Mesir yang padat, Siang kemarin, Rabu (15/10), beliau melanjutkan salah satu agenda yang menjadi tujuan utama. Berawal dari kawasan 10 distrct Nasr City, yi Najib yang di temani kang Anas bertolak ke kantor Research of Al-Azhar. Dalam kunjungan tersebut, yi Najb bertemu dan berdialog langsung dengan pimpinan umum riset dan pengembangan universitas Al-Azhar Mesir.

Dalam perbincangan yang singkat itu, yi Najib menyampaikan terima kasih atas kerja sama Al-Azhar dengan pesantren Raudlatul ‘Ulum yang sejak tahun 1991 telah menjalin hubungan pendidikan. Prof Dr. Muhyiddin Afifi sebagai kepala Majma’ Buhus Al-Islami juga menyambut hangat kunjungan Yi Najib yang mewakili Pesantren Raudlatul ‘Ulum. “Terimakasih atas kunjunganya, kami sangat bahgia bisa berkerjasama dengan pesantren Raudlatul ‘Ulum,” ujar Dr. Muhyiddin.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua puluh menit itu, yi Najib juga menelfon Mab’uts dari Mesir yang sekarang mengajar di Pesantren Raudlatul ‘Ulum.

Setelah pertemuan tersebut, yi Najib beserta bu nyai juga berkelilin di seputar area Madinatul Bu’uts, yang tak lain adalah sebagai wilayah sentral tempat para mahasiswa Al-Azhar dari berbagai Negara, bermukim.

“Bangunan gedung-gedung di Bu’uts ini dari tidak banyak berubah kang. Dari dulu juga kurang lebih sama seperti ini. Mesir ini memang indah,” kenang beliau.

Beliaupun kemudian bertolak kembali ke penginapan menjelang sore hari.

Jenjang Pendidikan

1. Madrasah Ibtidiyah

2. Madrasah Tsanawiyah

3. Madrasah Aliyah

4. Madrasah Diniyah Tsanawiyah

5. Madrasah Diniyah Persiapan Aliyah

Ekstrakurikuler

1. Mazika Ria Marching Band Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati
2. PASKIBRA
3. Rebana

Fasilitas

Laboratorium IPA, Laboratorium bahasa asing (Arab, Inggris), Rumah Sakit As-Suyuthiyyah (RSA) Pesantren Raudlatul Ulum, Madrasah Ibtidiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, koprasi, majelis taklim,



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi