AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Pagelaran 3

Raya Cisalak, Gardusayang, Kec. Subang, Kabupaten Subang, 41283, Kab. Subang, Jawa Barat


  
   +62 819-1266-4511
  pagelarantilu@gmail.com
   www.ponpes-pagelaran3.com

Profil

Pada awal tahun 1900-an, Bupati Sumedang pada saat itu Pangeran Wiriakusumah merasa bahwa masyarakat muslim Sumedang sangat memerlukan bimbingan ahli agama. Maka dengan itu, Bupati Sumedang mendatangkan beberapa orang kyai dari berbagai wilayah, diantaranya adalah K.H. Muhyiddin bin Arif seorang kyai yang berasal dari Garut. Pada tahun 1910 K.H. Muhyiddin ditempatkan di diaerah Cimalaka, disana beliau mendirikan pesantren yang dikenal dengan pesantren Cimalaka. Setelah sepuluh tahun disana, beliau pindah ke suatu tempat terpencil di Cimeuhmal, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang.

Di tempat itu beliau mendirikan pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Pagelaran. Pasca revolusi kemerdekaan, kondisi daerah sangat tidak aman karena merajalelanya gangguan gerombolan. Banyak pengikut dan kawan seperjuangan K.H. Muhyiddin yang tewas menjadi korban keganasan gerombolan. Sehingga pada tahun 1950 diputuskan untuk mengungsi, kembali ke Sumedang. Beliau tinggal di daerah Kaum. Selama tinggal disana kegiatan pengajian tetap berlangsung, dan kemudian beliau mendirikan pondok pesantren. Pada tahun 1962 atas permintaan tokoh-tokoh masyarakat Desa Gardusayang serta petinggi militer waktu itu, beliau pindah ke Desa Gardusayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Tokoh-tokoh masyarakat dan pihak militer waktu itu meminta kedatangan beliau untuk merehabilitasi mental masyarakat yang rusak akibat gerombolan pengacau keamanan. Di tempat ini beliau mendirikan pondok pesantren pasirnaan. Pada tahun 1973, Beliau berpulang ke Rahmatullah pada usia 97 tahun dan dimakamkan di Cimeuhmal. Putra-putra beliau menamakan pesantren Pagelaran di Cimeuhmal menjadi Pondok Pesantre Pagelaran I, pesantren di Kaum Sumedang menjadi Pondok Pesantren Pagelaran II dan pesantren pasirnaan di Gardusayang sebagai Pondok Pesantren Pagelaran III.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Madrasah Diniyah dan TKA/TPA, Pendidikan tingkat SMP dan SMA Plus Pagelaran, Pendidikan Life Skills dan Pengembangan diri

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola.


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, sekolahan, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. Lembaga Pendidikan




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi